Rabu, 18 April 2012 | By: Ramdhan Wijaya Pamungkas

Jurnalistik


Memahami Ragam Karya Jurnalistik

Tidak hanya pemahaman Jurnalistik semata. Kita juga harus memahami ragam dari karya jurnalistik. Ada berbagai karya Jurnalistik yang kita kenal. Diantaranya adalah Straight news atau Spot news atau Hard news dan Feature atau Soft news.
Ragam karya jurnalistik tidak lahir begitu saja. Proses panjang akan selalu menyertainya, hingga pena dari sang sang kuli tinta begitu mantap ditorehkan pada lembaran kertas tak berwarna. Banyak karya jurnalistik yang membooming, karena kecerdasan dan improvisasi pemburu disket ini termasuk karya yang bersumber pada shock news atau berita kejutan seperti tabrakan kereta api, pesawat jatuh, kebakaran dan lain-lain yang tak pernah terencanakan, namun ada juga karya yang dihasilkan dari perencanaan matang, setelah sang kuli tinta mencermati sebuah realitas.
Setiap karya jurnalistik yang beredar di khalayak, selalu didasari oleh tujuan tertentu, yang hal itu telah terumuskan dalam perencanaan kerja jurnalistik. Di antara tujuan karya tersebut adalah sebagai pembentuk opini atau pendapat masyarakat, media massa mempengaruhi pikiran mayarakat secara cepat dan merata. Berita atau tulisan-tulisan di surat kabar atau majalah bahkan dianggap oleh masyarakat memiliki kebenaran absolut dan final. Berita atau tulisan di surat kabar sering dijadikan acuan masyarakat untuk menentukan pilihan.
Untuk dapat menghasilkan karya jurnalistik yang cukup apik dan memiliki daya pengaruh yang begitu kuat, perlu persyaratan yang harus diketahui dan dipenuhi oleh mereka yang memproduksi karya jurnalistik. Dan di dalam karya tulisan ini akan dijelaskan secara gamblang tentang jurnalistik, baik sebagai ilmu, karya maupun aktivitas.

1.      Straight News
Biasanya Straight News terdapat pada halaman pertama pada sebuah surat kabar. Dalam Straight News, berisi informasi penting yang harus segera dilaporkan pada publik. Bahan-bahan berita adalah fakta. Bisa berupa peristiwa, pendapat orang, hasil penelitian, dan data-data. Selanjutnya, sebuah Straight News Langsung ke pokok permasalahan sejak dari alinea permasalahan sejak dari alinea awal, alinea pertama dan ke dua. Kelengkapannya bisa dilihat dari 5 W 1H. Yaitu, apa, siapa, kapan, di mana, bagaimana, dan kenapa. Bisa ditambah 1W lagi yaitu what next.
Jika kita membicarakan sebuah konsep berita, satu hal yang kita harus tahu adalah sebuah berita ditulis dengan metode piramida terbalik. Semakin ke bawah semakin tidak penting (Jika halaman terbatas, redaktur tinggal memotong bagian bawah karena bagian ini lebih kurang penting). Singkatnya, sebuah Straight News dituntut tulisan yang singkat, padat dan jelas.


Bagian-bagian Straight News:
1.      Lead
·       Merupakan yang terpenting dari seluruh tulisan
·      Tak perlu lengkap, tapi angle sangat tepat. Penonjolan lebih pada apa dan kapan (baru/aktual)
·       Bila interpretatif, harus disertai fakta (bisa di lead atau batang tubuh).
·       Singkat, padat, dan jelas.
·       Gunakan alinea pendek dengan kalimat-kalimat pendek.

2.      Batang tubuh
·       Menjabarkan lead.
·       Selalu mengacu pada angle tulisan.
·       Analisis diskriptif.
·       Runtut.
·       Tidak bertele-tele

3.      Ending
·       Bisa berupa penekanan, harapan dan kesimpulan.
·       Menukik dari tubuh tulisan ke lead.

Contoh Straight News:


2.      Feature
Bisa disebut karangan khas karena tidak seperti tulisan berita pada umumnya. Jenis tulisan ini setengah sastra dan berita. Untuk menggambarkan suatu hal yang bersifat umum, menyangkut kehidupan sehari-hari, dan tidak selalu karena ada masalah tertentu.
Point utama dari sebuah feature adalah haruslah menarik perhatian orang untuk membaca.  Suatu artikel kreatif yang meghibur, kadang-kadang subjektif, dan dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang suatu peristiwa, keadaan maupun kehidupan manusia.
Model penulisan dari sebuah feature lebih menuju seperti orang bercerita atau bahkan prosa. Bahan-bahan tetap seperti berita tetapi dipilih sesuatu yang mengandung human interest. Yang terpenting dari sebuah feature adalah diperlukan interpretasi untuk menghidupkan tulisan dan membuat pembaca larut di dalamnya. Karena itu, kekuatan tulisan terletak pada kelengkapan dan keruntutan diskripsinya.

Unsur-unsur feature :
·      Subyektif
Penulis bisa mengungkapkan cerita dalam bentuk orang pertama
·      Informatif
Feature yang baik kadang berasal dari sebuah cerita yang tidak terlalu istimewa, tapikarena kejelian penulis, perkara sepele itu bisa menjadi artikel menarik 
·      Menghibur
Tujuan menulis feature adalah merebut perhatian pembaca
·      Awet/Timeless
·      Kreatif
·      Unik


0 komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar yang sopan yaa dan yang sifatnya membangun..